Friday, January 20, 2017

Bab 1 Pendahuluan

KATA PENGANTAR

Buku ini dibuat sebagai buku pedoman untuk matakuliah Softskill untuk Konsep Visualisasi Semester V Jurusan Teknik Informatika, FTI-GUNADARMA. Buku ini merupakan kumpulan dari beberapa tulisan yang pernah penulis muat baik di majalah maupun secara on-line di Internet dan dibuat atas dasar semangat Open Source. Oleh karena itu semua perangkat lunak yang digunakan baik untuk mengolah data maupun menseting buku ini murni dari perangkat lunak Open Source.

Buku ini dibagi menjadi 5 Bab, mulai dari pendahuluan, konsep dan teori timeline, trendlines, waterfall, perangkat lunak, kasus/contoh serta manfaat, penutup dan kesimpulan.

Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak baik yang secara langsung maupun tidak langsung membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jakarta , Januari 2017



Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Menurut (Card, Mackinlay Shneiderman, 1998) definisi viusalisasi adalah menggunakan teknologi komputer sebagai pendukung untuk melakukan penggambaran data visual yang interaktif untuk memperkuat pengamatan. Sedangkan menurut (Mc Cormick, 1987) definisi visualisasi adalah metode penggunakan komputer untuk mentransformasikan simbol menjadi geometrik dan memungkinkan peneliti dalam hal mengamati sumulasi komputasi yang dapat memperkaya proses penemuan ilmiah sehingga dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak terduga.

Visualisasi adalah konversi data ke dalam format visual atau tabel sehingga karakteristik dari data dan relasi diantara item data atau atribut dapat di analisis atau dilaporkan. Visualisasi data adalah salah satu teknik terbaik dan menarik untuk eksplorasi data. Manusia memiliki kemampuan membangun untuk menganalisis sejumlah besar informasi yang dipresentasi secara visual. Ia dapat mendeteksi pola umum dan trend, pencilan dan pola yang tidak umum.

Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulakan bahwa visualisasi adalah suatu teknik penggunaan komputer untuk menemukan metode terbaik dalam menampilkan data. Dengan menggunakan visualisasi, data yang ditampilkan dapat mempermudah peneliti untuk melihat data yang sulit dilihat dengan pemikiran sehingga peneliti bisa mengamati simulasi dan komputasi, juga memperkaya proses penemuan ilmiah dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak diduka, salah satu contohnya adalah dengan menampilkan data atau informasi dalam bentuk gambar, contoh : grafik, struktur tree, pola, warna.

Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap terhadap informasi yang dibutuhkan tersebut, penyusun berusaha untuk menyajikan informasi mengenai konsep visualisasi yang terdapat pada Model Graphic. Maka dari itu penyusun menulis judul makalah ini dengan Model Graphic.

Rumusan Masalah

Dalam penulisan buku ini, yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana membuat suatu chart dalam aplikasi yang digunakan Google API yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis chart yang ada.

Batasan Masalah

Pembatasan masalah yang penulis uraikan disini adalah konsep dari Timeline, Trendlines, Waterfall, penjelasan matematika dan algoritma, contoh, perangkat lunak yang mendukung serta contoh kasus dari Timeline, Trendlines, dan Waterfall.

Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan buku ini adalah agar pembaca dapat memahami teknik-teknik yang digunakan dalam menggunakan Google API sehingga, para pembaca dapat mengaplikasikannya dalam pembuatan suatu chart.

Metode Penelitian

Metode penelitian dalam pembuatan buku ini adalah study pustaka, dan study surfing di internet dimana dalam hal ini penulis mencari materi tentang teknik-teknik tentang membuat chart, kemudian penulis mencoba mengaplikasikannya dalam membuat chart dengan Google API.

Sistematika Penulisan

Sebagai gambaran singkat tentang pokok pembahasan penulisan ini, Penulis akan menguraikannya dalam beberapa bab, dengan sistematika sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini dibahas latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II KONSEP DAN TEORI TIMELINE, TRENDLINES, WATERFALL

Bab ini membahas tentang sejarah dari Timeline, Trendlines, dan Waterfall, teknik-teknik yang ada dalam membuat grafik Timeline, Trendlines, Waterfall.

BAB III PERANGKAT LUNAK YANG BERHUBUNGAN DENGAN GOOGLE API

Pada bab ini berisi pembahasan perangkat lunak yang mendukung atau menerangkan konsep pada bab 2, dan deskripsi perangkat lunak tersebut.

BAB IV CONTOH KASUS PEMANFAATAN GOOGLE API

Bab ini berisi kasus atau contoh serta manfaat yang yang bisa kita dapatkan dari grafik Timeline, Trendlines, Waterfall yang menggunakan Google API.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dari pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab-bab sebelumnya dan saran-saran yang sifatnya mengarah kepada penyempurnaan dari apa yang telah disajikan dalam tulisan ini.

No comments:

Post a Comment