Thursday, June 21, 2018

Komputasi Pararel

oleh :
Pangeran Adi Nugraha
5C414831


Konsep Paralel


Paralel Processing adalah kemampuan menjalankan tugas atau aplikasi lebih dari satu aplikasi dan dijalankan secara simultan atau bersamaan pada sebuah komputer. Secara umum, Paralel Processingadalah sebuah teknik dimana sebuah masalah dibagi dalam beberapa masalah kecil untuk mempercepat proses penyelesaian masalah.


Komputasi Parallel


Komputasi Parallel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan.

Komputasi Paralel membutuhkan :

  • Algoritma
  • Bahasa Pemograman
  • Compiler

Contoh Komputasi Paralel:



Pada gambar diatas terdapat sebuah masalah, dimana masalah tersebut dibagi menjadi beberapa bagian lalu bagian dari masalah tersebut dibagikan ke-tiga CPU untuk diselesaikan secara bersamaan.

Distributed Processing


Distributed Processing atau Distributed Computing System adalah sekumpulan peralatan pemrosesan yang saling terhubung melalui jaringan komputer dan saling bekerjasama untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Yang dimaksud dengan peralatan pemrosesan dataadalah peralatan komputasi yang dapat mengeksekusi sendiri sebuah program.

Sekumpulan peralatan yang saling terhubung akan mendistribusikan berbagai macam hal, dianataranya adalah:

  • Processing Logic / Pemrosesan secara logis
  • Fungsi. Beberapa fungsi sistem komputer dapat didelegasikan ke beberapa hardware atau software
  • Data
  • Kontrol

Kriteria Distributed Processing

Pemrosesan terdistribusi (Distributed Processing) dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu:

  • Degree of Computing / tingkat hubungan : Tinggi atau rendah ? Jumlah data yang saling digunakan dibandingkan dengan jumlah pemrosesan lokal
  • Struktur antar hubungan : kuat atau lemah ? Jika komponen di Share dikatakan kuat ?
  • Kesalingtergantungan komponen-komponen : Kuat atau lemah dalam mengekseskusi proses.
  • Keselarasan antar komponen : selaras atau tidak selaras ?

Architectural Paralel Computer




Dalam taksonomi arsitektur paralel ada dua keluarga arsitektur paralel yang banyak diterapkan adalah

  • Single Instruction Single Data (SISD)



Single Instruction Single Data (SISD) ini memiliki hanya satu instruksi yang dieksekusi secara serial. Komputer ini adalah tipe komputer konvensional. Menururut mereka tipe komputer ini tidak ada dalam praktik komputer paralel karena bahkan mainframe pun tidak lagi menggunakan satu processor. Klasifikasi ini sekedar untuk melengkapi definisi komputer paralel. Beberapa contoh komputer yang menggunakan model SISD adalah UNIVACI, IBM 360, CDC 7600, Cray 1 dan PDP 1.

  • Single Instruction Multiple Data (SIMD)


Single Instruction – Multiple Data, komputer ini memiliki lebih dari satu prosesor, tetapi hanya mengeksekusi satu instruksi secara paralel pada data yang berbeda pada level lock-step. Komputer vektor adalah salah satu komputer paralel yang menggunakan arsitektur ini. Beberapa contoh komputer yang menggunakan model SIMD adalah ILLIAC IV, MasPar, Cray X-MP, Cray Y-MP, Thingking Machine CM-2 dan Cell Processor (GPU).

  • Multiple Instruction Multiple Data (MIMD)


Multiple Instructions Multiple Data,  komputer ini memiliki lebih dari satu prosesor dan mengeksekusi lebih dari satu instruksi secara paralel. Tipe komputer ini yang paling banyak digunakan untuk membangun komputer paralel, bahkan banyak supercomputer yang menerapkan arsitektur ini. Beberapa komputer yang menggunakan model MIMD adalah IBM POWER5, HP/Compaq AlphaServer, Intel IA32, AMD Opteron, Cray XT3 dan IBM BG/L.

Perkembangan Komputasi Paralel di Indonesia


Di Indonesia, usaha untuk membangun infrastruktur mesin paralel sudah dimulai sejak era 90-an, meski belum pada tahap serius dan permanen. Namun untuk pemrograman paralel sudah sejak awal menjadi satu mata-kuliah wajib di banyak perguruan tinggi terkait. Baru pada tahun 2005 dimulai pembuatan infrastruktur mesin paralel permanen, misalnya yang dikembangkan oleh Grup Fisika Teoritik dan Komputasi di P2 Fisika LIPI. Didorong oleh perkembangan pemrograman paralel yang lambat, terutama terkait dengan sumber daya manusia (SDM) yang menguasainya, mesin paralel LIPI ini kemudian dibuka untuk publik secara cuma-cuma dalam bentuk LIPI Public Cluster (LPC). Saat ini LPC telah dikembangkan lebih jauh menjadi gerbang komputasi GRID di Indonesia dengan kerjasama global menjadi IndoGRID.

RELASI ANTARA TEORI KOMPUTASI SAMPAI PARALEL KOMPUTASI

Teori Komputasi, pada bagian ini dibahas mengenai teori - teori komputasi, bagaimana teori itu diciptakan hingga terbentuknya sebuah implementasi yang kita gunakan sekarang.
Cloud Komputing, merupakan salah satu implementasi dari teori komputasi, dimana yang dibahas  definisinya, tujuan hingga implementasinya seperti google drive, dropbox dll.
Quantum Komputing, tingkat kecanggihannya melebihi Cloud Komputing, adapun yang dibahas definisi, algoritma hingga kegunaan & masa depan Quantum Computing.
Paralel Komputing, metode yang digunakan pada cloud & quantum computing dalam pengoperasiannya, yang dibahas yaitu definisi hingga perkembangan di Indonesia.


Sumber : 

1. https://id.scribd.com/document/197260195/Komputasi-Pararel-landasan-teori

No comments:

Post a Comment